Solusi Mengatasi Baterai Tanam Habis Tidak Bisa di Charge

Solusi Mengatasi Baterai Tanam Habis Tidak Bisa di Charge – Baterai merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam berbagai perangkat, terutama untuk ponsel dan juga laptop.

Umumnya sekarang penggunaan baterai lepas sudah digantikan dengan baterai tanam. Akan tetapi baterai tanam jika sudah rusak, ia tidak bisa diganti dengan yang baru.

Walaupun menggunakan baterai tanam, bukan berarti perangkat yang Anda gunakan tidak terhindar dari kerusakan. Salah satu yang sering terjadi adalah baterai tanam habis tidak bisa di charge dan menyebabkan peragkat mati total.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat baterai tanam kehabisan daya, bisa karena komponen hardware mengalami kerusakan, namun bisa juga karena port charger rusak. Inilah yang kemudian menghambat proses pengisian baterai pada perangkat.

Penyebab lain adalah masalah pada software, yang disebabkan karena instalasi OS yang kurang sempurna, atau terdapat pemasangan aplikasi yang menguras daya ponsel.

Mengatasi Baterai Tanam yang Habis Dayanya

Jika masalah ini terjadi pada perangkat Anda, berikut merupakan beberap tips yang bisa Anda terapkan. Walaupun tidak bisa menjamin keberhasilan menggunakan daya ponsel seperti semula, namun ia bisa membuat ponsel menyala dan mengembalikan dayanya yang sudah habis.

Restart Perangkat

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi baterai tanam habis tidak bisa di charge adalah melakukan restart pada perangkat. Tutup semua aplikasi kemudian matikan jaringan data, lanjutkan dengan memilih restart pada tombol on/off.

Dengan melakukan restart di harapkan semua sistem dan eror bisa dikembalikan, sehingga perangkat tidak bisa digunakan kembali. Cara ini bisa dilakuka jika kerusakan belum terlalu parah, dan perangkat masih bisa menyala. Setelah dimatikan sejenak, nyalakan kembali dan lihat apakah kerusakan sudah berkurang.

Memeriksa USB dan Power Adapter

Cara selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada kabel atau perangkat chargher sebelum digunakan. Bisa saja terdapat masalah dengan alat tersebut, sehingga proses pengisian baterai menjadi sulit untuk dilakukan.

Apabila perangkat Anda mengalami masalah baterai tanam habis tidak bisa di charge, coba periksa dan ganti kabel pengisi baterai. Karena kemungkinan ia mengalami kerusakan, dan perlu segera diganti agar tidak merusak power adapter pada perangkat. Ingat untuk tidak menggunakan kabel perangkat secara sembarangan.

Periksa Kondisi Baterai

Apabila semua perangkat chargher normal, maka kmeungkinan masalah terdapat pada baterai perangkat yang digunakan. Terdapat kemungkinan baterai rusak dan tidak di isi ulang kembali karena rusak atau korslet.

Baterai yang rusak tidak bisa digunakan kembali secara maksimal, karena kemungkinan akan membuat perangkat juga bermasalah. Jika ini terjadi kepada Anda, sebaiknya belilah baterai baru untuk digunakan pada perangkat tersebut. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengganti perangkatnya sekalian.

Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang pengecek baterai yang bisa ditemukan di market place perangkat resmi Anda.

Dengan bantuan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek keadaan baterai secara berkala dan menghindari masalah baterai tanam habis tidak bisa di charge. Sehingga Anda bisa mengganti perangkat tersebut jika memang sudah tidak dimungkinkan untuk digunakan.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi baterai tanam habis tidak bisa di charge. Dengan mengetahui penyebab masalah kerusakan pada baterai perangkat, diharapkan Anda dapat memperbaikinya sesuai dengan masalah kerusakan.

Jangan lupa untuk merawat perangkat yang Anda gunakan, sehingga tidak mengalami kerusakan ketika dipakai dalam rentang waktu yang panjang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *